Sunrise Bukit Sikunir

Puncak Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng, Pulau Jawa, telah lama menjadi daya tarik utama bagi para pencinta alam yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbit. Terletak di Desa Sembungan, Kejajar Wonosobo, Bukit Sikunir adalah tempat terbaik untuk menikmati keajaiban alam ini. Dengan ketinggian mencapai 2.145 meter di atas permukaan laut, Desa Sembungan menjadi titik tertinggi di Pulau Jawa.

Bukit Sikunir telah mendapatkan ketenaran besar sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit spektakuler di Dataran Tinggi Dieng. Wisatawan sering menginap semalam di homestay atau hotel di sekitar Dieng atau Wonosobo untuk memastikan mereka tidak melewatkan momen ini. Untuk mencapai Bukit Sikunir, para pengunjung harus bangun sangat pagi, sebagian besar mulai perjalanan sekitar pukul 03.00 pagi jika mereka menginap di sekitar Wonosobo. Bagi yang menginap di Desa Dieng, perjalanan dimulai sekitar pukul 03.30 pagi, karena Bukit Sikunir terletak sekitar 8 km dari Desa Dieng dan memerlukan waktu untuk mencapai area parkir di kaki bukit.

Sebelum Anda dapat menikmati keindahan Sunrise Sikunir, yang dianggap sebagai salah satu matahari terbit terindah di Dataran Tinggi Dieng dengan latar belakang panorama alam yang memukau, Anda harus melakukan pendakian singkat selama sekitar 30 menit. Medan yang dilalui berupa tanah dan batu-batuan, dengan tangga-tangga kecil yang telah dibuat untuk membantu perjalanan. Track ini memiliki panjang sekitar 800 meter dan mencapai ketinggian 200 meter dari area parkir di Desa Sembungan.

Sebaiknya, Anda merencanakan kunjungan Anda saat musim kemarau, yaitu antara akhir Bulan Mei hingga pertengahan Oktober. Ini penting agar Anda dapat menyaksikan matahari terbit tanpa gangguan kabut, sehingga dapat menikmati keindahan pagi yang memukau.