Gunung Prau

Pesona alam yang menakjubkan terwujud dalam Gunung Prau Dieng, sebuah destinasi yang tak tergantikan di Dataran Tinggi Dieng, terutama bagi para kaula muda dan pecinta petualangan gunung. Gunung Prau, puncak tertinggi di Dieng Plateau, memunculkan pemandangan luar biasa dengan ketinggian mencapai 2.565 meter di atas permukaan laut. Meskipun ketinggiannya relatif sedang, namun pendakian Gunung Prau memerlukan persiapan matang, termasuk persiapan perbekalan, peralatan, dan yang paling penting, persiapan fisik.

Pendakian Gunung Prau menawarkan tantangan medan yang tajam dan curam. Sebagian besar jalur yang harus ditempuh menuju puncaknya terdiri dari tanah yang sangat curam. Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Prau berkisar antara 3 hingga 4 jam, tergantung dari pos awal pendakian. Ada tiga titik awal pendakian yang bisa dipilih oleh pengunjung, yaitu Desa Patak Banteng, Desa Sembungan, dan Desa Dieng.

Keindahan alam saat mendaki Gunung Prau selalu menjadi pembicaraan hangat di kalangan para pelancong. Pemandangan yang terbuka dari puncaknya menghadirkan panorama luar biasa berupa pegunungan, lembah, dan Dataran Tinggi Dieng yang memukau. Tak hanya itu, puncak Gunung Prau juga menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit yang emas, yang dikenal dengan sebutan Golden Sunrise Dieng. Selain itu, padang rumput berbukit yang diselimuti oleh bunga daisy berwarna-warni menciptakan suasana seperti yang terlihat dalam serial anak-anak Teletubbies. Oleh karena itulah, Gunung Prau Dieng sering dijuluki sebagai “Bukit Teletubbies” – sebuah gunung yang menawarkan keindahan seribu bukit dan menjadi tujuan favorit di Dataran Tinggi Dieng.